Tuesday, March 13, 2007

10 PERTANYAAN MENANTANG

WOW LUAR BIASA PAK Fauzy saya mau copy tulisannya boleh yaaa pak :))))


10 Pertanyaan Paling Menantang
>
> Sewaktu menikah, kata orang kami berdua merupakan
> "pasangan ideal", karena istri saya pegawai negeri
> dan
> saya karyawan bank swasta. Sudah punya karir,
> punya
> anak dua, punya rumah, punya mobil, kurang apa?
> Begitu
> kebanyakan teman dan keluarga bilang ke saya
> ketika
> saya memutuskan menjadi pengusaha. Paling susah
> jika
> ada acara kumpul2 keluarga atau teman. Biasanya
> muncul
> pertanyaan ataupun pernyataan luar biasa yg rada2
> susah dijawab. Ada yang sempat saya jawab, ada
> yang
> bikin saya speechless. Berikut diantaranya:
>
> 1. Kenapa sih jadi pengusaha?
> Jawab: Karena terlanjur! Hahaha . Jujur saja,
> tadinya
> karena terlanjur bikin perusahaan, jadi terpaksa
> serius. Ya begitulah hidup, kadang2 ada saja yang
> terjadi diluar rencana. Tapi setelah saya
> renungkan,
> menjadi pengusaha adalah pilihan hidup saya. Saya
> tetap menghormati pilihan hidup orang lain. Jadi
> karyawan juga tidak ada salahnya. Tapi saya
> pribadi
> pilih jadi pengusaha. Karena hanya dengan menjadi
> pengusaha, saya bisa melakukan banyak hal yang
> tidak
> mungkin saya lakukan ketika menjadi karyawan,
> misalnya:
> - Memiliki potensi pendapatan yang sangat besar.
> Sementara kalau terus jadi karyawan, setinggi
> apapun
> jabatan saya pendapatan saya terbatas.
> - Hanya dengan menjadi pengusaha saya dapat
> memberikan
> kesempatan buat orang lain untuk mencari nafkah di
> perusahaan saya. Istilahnya, bisa menjadi saluran
> rizki buat orang lain.
> - Lebih banyak waktu bersama anak2 dan keluarga
> saya,
> sementara pendapatan terus mengalir. Sementara
> kalau
> jadi karyawan waktu saya habis tersita untuk
> perusahaan.
>
> 2. Bukankah hidup pengusaha itu susah, tidak
> bahagia?
> Jawab: Ya, ada pengusaha yang tidak bahagia.
> Banyak
> juga karyawan yang tidak bahagia. Bahagia
> sebetulnya
> kan bukan soal profesi kita apa. Bahagia adalah
> pilihan hati kita mau bahagia atau tidak. Saya sih
> pilih bahagia.
>
> 3. Tapi kan pusing dan capek mikirin usaha?
> Jawab: Ya, memang pusing kalau cuma dipikirin.
> Makanya
> usaha tidak untuk dipikirin saja, tapi juga
> dijalanin.
> Kalau sudah dijalanin sih pusing nya ilang kok.
> Diganti sama deg2 an ... hehehe. Dulu sebelum tahu
> ilmu nya saya juga capek. Dulu tidak ada delegasi
> ke
> tim, jadi semua saya jalanin sendiri. Saya ikutan
> dari
> mulai jualan, melakukan implementasi, sampai
> nagih.
> Caaape' deeeh. Tapi sekarang dengan delegasi ke
> tim,
> alhamdulillah saya bisa lebih rileks.
>
> 4. Jadi pengusaha kan bisa bangkrut?
> Jawab: Semua ada risiko nya. Jadi pengusaha penuh
> risiko. Jadi karyawan apalagi. Malah, yang
> harusnya
> paling takut perusahaan bangkrut itu justru para
> karyawan. Kalau perusahaan bangkrut, karyawan
> langsung
> dipecat. Kalau perusahaan saya bangkrut, belum
> tentu
> saya pribadi ikut bangkrut. Lagi pula saya sedang
> belajar menciptakan multiple streams of income,
> supaya
> sumber pendapatan saya tidak hanya dari satu usaha
> saja.
>
> 5. Gak takut banyak saingan?
> Jawab: Dulu ya, saya takut saingan. Tapi setelah
> dijalani ternyata persaingan itu tidak menakutkan
> sama
> sekali. Malah positif buat kita karena memacu kita
> untuk selalu lebih baik. Kalau kita selalu lebih
> baik
> dari saingan, tidak ada lagi yang perlu
> ditakutkan.
>
> 6. Jadi karyawan kan lebih tentram?
> Jawab: Ya ini kan soal pilihan. Mungkin jaman
> orang
> tua kita dulu menjadi karyawan cukup menentramkan
> dari
> segi finansial. Tapi dengan laju inflasi, semakin
> besarnya biaya sekolah, semakin tingginya biaya
> hidup,
> dan sebagainya, kalau saya terus jadi karyawan,
> justru
> saya tidak akan bisa tentram lagi ketika anak2
> saya
> kuliah nanti.
>
> 7. Sudah punya karir kok ditinggalkan, apa tidak
> bersyukur kepada Tuhan?
> Jawab: Saya sangat bersyukur atas apa yang Allah
> telah
> berikan kepada saya. Bahkan, dengan menjadi
> pengusaha
> saya semakin memahami arti bersyukur. Dulu, saya
> tinggal menunggu tanggal 25 semua beres,
> menghabiskan
> nya juga enteng saja. Kini, saya semakin dapat
> mensyukuri setiap rupiah yang saya terima. Betapa
> dibalik setiap rupiah tadi adalah rizki dari yang
> Maha
> Penyayang. Lagipula, menjadi pengusaha
> memungkinkan
> saya mengembangkan seluruh potensi yang Allah
> sudah
> berikan kepada saya. Itulah salah satu cara saya
> bersyukur.
>
> 8. Gak punya darah pengusaha kok jadi pengusaha?
> Jawab: Ya, dulu memang kebanyakan pengusaha
> tradisional hanya meneruskan usaha orang tua nya.
> Maka
> muncul mitos soal darah pengusaha ini.
> Kenyataannya
> sekarang siapapun bisa jadi pengusaha. Karena
> mengelola usaha itu ternyata ada ilmunya dan bisa
> dipelajari. Saya memang masih belajar, tapi
> siapapun
> yg mau belajar insyaAllah pasti bisa.
>
> 9. Kenapa gak merangkap saja punya usaha tapi
> tetap
> jadi karyawan?
> Jawab: Ya. Mungkin saja begitu. Saya juga pernah
> begitu. Tapi kok malah tidak maksimal. Usaha tidak
> berkembang, jadi karyawan juga gak tenang. Mungkin
> masalahnya di fokus. Kalau saya bekerja untuk
> perusahaan orang lain, semestinya dedikasi saya
> 100%
> untuk perusahaan itu. Dengan "nyambi", saya kok
> merasa
> "selingkuh" gitu. Itu kalau saya lho, mungkin
> orang
> lain tidak.
>

No comments: